Kamis, 25 April 2013

Manfaat Meminum Air Kelapa


Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat. Nyaris tak ada bagian dari tanaman kelapa yang tidak bermanfaat bagi kehidupan. Namun banyak orang yang tidak paham memanfaatkan setiap bagian dari kelapa. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari air kelapa yang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh:
  1. Lebih bernutrisi daripada susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.
  2. Dapat memperbaiki sirkulasi darah dan mampu membersihkan saluran pencernaan.
  3. Membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik dan mambantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.
  4. Membantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.
  5. Dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.
  6. Memulihkan rasa pusing karena mabuk.
  7. Membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung karena kaya akan elektrolit dan potassium.
  8. Mempercepat naiknya trombosit bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena dipakai untuk mencega pendarahan, karena demam tinggi mengakibatkan pengentalan daran, dan pori-pori pembuluh darah membesar).
  9. Berperan sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi dan untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
  10. Campuran air kelapa muda dengan susu mempunyai manfaat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
  11. Membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.
  12. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu setiap hari dapat menyembuhkan  dan melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit kering dan wajah menjadi tampak berseri.
  13. Campuran air kelapa dengan madu. Dapat merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.
  14. Mengobati jerawat membandel dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.
  15. Sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim dengan cara merendam segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
  16. Campuran air kelapa dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama dapat mengobati luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar