Rabu, 23 Oktober 2013

Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan



Kebutuhan kalsium guna menjaga kesehatan tulang sangatlah penting agar tidak terjadi osteoporisis yang bisa menyebabkan tulang keropos hingga patah tulang. Salah satu asupan kaya kalsium adalah ikan teri. Ikan teri merupakan salah satu makanan yang paling terkenal di Indonesia. Rasanya yang khas, mudah ditemui, dan harganya yang relatif murah membuat orang-orang gemar mengkonsumsinya. Teri atau yang lebih dikenal dengan anchovies di luar negeri sering dipakai untuk memperkuat rasa sambal, salad, tambahan pada pasta, dan bahkan pizza. Namun siapa sangka, ternyata dalam kemasannya yang kecil-kecil tersebut, teri memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Dalam 20 gram ikan teri mengandung 26 kalori dan 4 gram protein yang mampu memnuhi 7% kebutuhan gizi pria dan 9% bagi wanita setiap harinya. Teri juga mengandung omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak dan tulang anak. Sementara bagi orang dewasa, minyak ikan ini baik untuk kesehatan jantung. Kemudian, ikan teri juga baik untuk pertumbuhan tulang karena mengandung magnesium sebesar 2% kebutuhan gizi setiap harinya, 3% kalsium, dan 5% fosfor. Ketiga mineral inilah yang mampu memperkuat tulang. Kalsium juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga memperkecil potensi serangan jantung. Dalam 20 gram ikan teri terkandung 4% vitamin B-12 dan 2% of vitamin B-6. Vitamin B-12 dan B-6 juga dapat mencegah penyakit pada jantung dan merendahkan kolesterol. Selain itu, teri juga kaya akan zat besi. Dalam 20 gram terkandung 12% kebutuhan zat besi per hari. Zat besi berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh dan membantu sel-sel untuk memproduksi energi serta membantu sel darah putih membunuh bakteri dalam tubuh.

Namun perlu kita ketahui bahwa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teri secara berlebihan karena hal tersebut akan menimbulkan efek samping. Kandungan garam yang berlebih pada teri asin dapat berbahaya bagi kesehatan jantung karena dapat meningkatkan resiko darah tinggi (hipertensi) dan bisa menyebabkan stroke.

SUMBER:


2 komentar:

  1. Terimakasih infonya. Masak ikan teri selain praktis.. rasanya enak bikin nambah..:-) dan yang penting mengandung banyak gizi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya :)
      betul sekali, selain itu menurut dosen saya di kampus, ikan teri bisa membuat kinerja otak lebih baik. ikanteri baik dikonsumsi para pelajar karena bisa membantu kinerja otaknya saat belajar.

      Hapus