Kamis, 01 Mei 2014

Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2014



Berikut ini adalah tulisan berupa opini saya pribadi dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas) tahun 2014 ini. Berdasarkan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mohammad Nuh, dijelaskan bahwa tema yang dipilih pada peringatan Hardiknas 2014 ini adalah “Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul”, maka tulisan saya juga mengarah ke dalam tema tersebut. Semoga bermanfaat untuk dibaca.

Mari Berbenah Menuju Indonesia Lebih Baik!
Oleh: Ramli Yana
Guru Muda Fisika, didikan Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting disoroti di seluruh penjuru negeri ini karena dengan pendidikan lah bangsa ini, Bangsa Indonesia akan mampu menampilkan eksistensinya di mata dunia. Tumbuhnya bangsa Indonesia yang cerdas, berkarakter, dan berbudaya adalah hal ideal yang diidam-idamkan sebagai manifestasi dari pendidikan itu sendiri. Dengan terlaksananya pendidikan yang “ideal” di Indonesia, tentunya bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi juara dunia (seperti yang dikatakan Walikota Bandung, Ridwan Kamil) dalam segala bidang.
Fakta di lapangan nampaknya berbicara lain. Pendidikan “ideal” yang diidam-idamkan belum sepenuhnya terlaksana secara optimal. Banyak sekali permasalahan yang menempa dalam proses pelaksanaannya, mulai dari permasalahan yang terjadi dalam Ujian Nasional (UN), kurang menggembirakannya hasil penilaian PISA (Programme for International Student Assessment) tentang capaian anak-anak Indonesia dalam kompetensi membaca, matematika, dan sains, hingga kegiatan anarkis yang kerap terjadi, dan masih banyak lagi permasalahan tentang pendidikan yang terjadi di negeri ini.
Namun tak jarang pula untuk beberapa kasus, putera-puteri negeri ini mengukir prestasi di tingkat dunia, semisal menjuarai olimpiade matematika dan sains, menjuarai lomba kontes robotic, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi kita warga negara Indonesia.
Berdasarkan tema yang diangkat pada peringatan Hardiknas 2014 ini “Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul”, maka sudah seharusnya kita memperbaiki permasalahan-permasalahan yang terjadi dan mempertahankan prestasi-prestasi yang sudah dicapai. Solusi yang saya tawarkan sebagai bentuk usaha menuju Indonesia unggul diantaranya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah atau di institusi pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, tentunya guru/tenaga pendidik harus mampu menunjukkan kompetensinya, pun dengan tingkah lakunya. Akhlak yang bagus akan mendukung terciptanya pendidikan karakter yang selama ini santer dibincangkan. Selain itu, saya juga menyoroti tentang pelaksanaan UN yang dari tahun ke tahun selalu muncul maslaah yang besar. Saya rasa UN itu kurang tepat jika dijadikan parameter kelulusan siswa-siswa kita. UN layaknya hanya digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi sudah sejauh mana capaian pendidikan siswa-siswi kita, sehingga yang menjadi parameter utama kelulusan itu adalah ferogatif sekolah karena sekolah lah yang mengetahui kelayakan siswa-siswinya lulus atau tidak.
Intinya, saya ingin mengajak kepada generasi-generasi muda, terutama generasi yang akan terjun ke dalam pendidikan praktis, untuk mengobarkan semangat mudanya bersama-sama membangun Indonesia ini menuju arah yang lebih baik lagi. Dengan semangat yang besar untuk memajukan pendidikan negeri ini, sudah tentu akan muncul terobosan-terobosan baru dalam mengembangkan pendidikan Indonesia agar nantinya berdampak pada terciptanya generasi Indonesia yang unggul. Lakukanlah tindakan konkret yang bisa dilakukan untuk kemajuan bangsa ini.
“Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani”. Salam Semangat untuk seluruh generasi muda bangsa. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2014!


1 komentar: