Rabu, 30 Maret 2016

Proses Terjadinya Fatamorgana

Fatamorgana adalah peristiwa pembiasan cahaya melalui kerapatan medium  yang berbeda, sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah ada atau bersifat khayal. Fenomena fatamorgana biasanya terjadi di tanah yang luas, misalnya di padang pasir dan di jalan aspal yang rata. Di padang pasir maupun di jalan aspal yang rata biasanya terlihat seperti ada genangan air, padahal hal ini sesungguhnya merupakan pantulan cahaya dari langit dan mengenai udara panas kemudian cahaya ini dibiaskan meallui medium udara panas tersebut. Peristiwa fatamorgana dikenal juga sebagai ilusi optik. Fatamorgana akan menampakkan pemandangan seperti genangan air atau suatu cermin. Sementara itu, benda-benda yang letaknya jauh seperti pohon akan terlihar terbalik.
Sementara itu, penyebab terjadinya fatamorgana dapat dijelaskan oleh ilmu fisika. Pertama, diawali dengan perbedaan kerapatan antara udara dingin dan udara panas. Kemudian, udara dingin memiliki kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan udara panas yang kerapatannya lebih rendah. Selanjutnya  keadaan lapisan udara yang panas dan yang berada lebih dekat dengan tanah akan terperangkap oleh lapisan udara yang kebih dingin diatasnya.



Hal ini mengakibatkan cahaya mengalami pembiasan ke arah garis horizontal pada pandangan lalu berjalan ke atas karena pengaruh faktor internal total. Faktor internal total merupakan proses pemantulan cahaya pada permukaan batas antara suatu medium dengan medium lainnya yang memiliki indeks bias lebih kecil. Sehingga cahaya akan berjalan dari medium yang memiliki indeks bias tinggi menuju medium yang memiliki indeks bias lebih rendah dan menimbulkan gambar yang bersifat semu dan terbalik serta membentuk fatamorgana.




3 komentar:

  1. Terima kasih kaka, sekarang aku jadi tau! :)
    *kpad

    BalasHapus
  2. As reported by Stanford Medical, It is really the SINGLE reason this country's women live 10 years more and weigh 19 KG less than we do.

    (And actually, it is not related to genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING related to "how" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", not "what"...

    Click on this link to see if this brief test can help you find out your real weight loss possibilities

    BalasHapus