About Me


Ramli Yana, itulah nama saya. Dilahirkan di sebuah kabupaten kecil di Provinsi Jawa Barat, kabupaten dengan selogan “Wibawa Karta Raharja”, Purwakarta, pada tahun 1992 sebagai mantan anak bungsu pasangan Abah Toyib dan Ibunda Nunung Nurjanah, lahir dan besar di Desa Gandasoli Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Saat ini sedang belajar berkarier di kota Bandung dan sedang berusaha memberikan sedikit kontribusi untuk negeri tercinta ini.
Saya sempat memakan bangku pendidikan dasar di SD Negeri Gandasoli III Purwakarta (1998-2004) dan SMP Negeri 2 Darangdan Purwakarta (2004-2007). Selanjutnya melanjutkan pendidikan menengah ke SMA Negeri 1 Sukatani Purwakarta (2007-2010), dan melanjutkan pendidikan tinggi S1 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jurusan Pendidikan Fisika. Selain pendidikan formal, saya juga mengenyam pendidikan nonformal di Madrasah Diniyyah Raudlatul ‘Irfan (1998-2004) dan pernah menjadi “Santri Kalong” di sebuah pesantren kecil rintisan Ustadz H. Bahrul 'Ulum di kampung. Saya adalah penganut faham Syafi'iyyah, tapi bukan orang yang fanatik buta dalam beragama. 
Saya memiliki track record dalam bidang organisasi diantaranya menjadi pengurus OSIS di SMP dan SMA, pengurus Himpunan Mahasiswa Fisika UPI, dan saat ini sedang ikut menjadi bagian dari gerakan Turun Tangan. Selain itu, saya juga pernah menjadi guru, dan selanjutnya memutuskan untuk "pensiun dini" dari profesi mulia tersebut. Walaupun sudah tidak tampil sebagai artis kelas di depan siswa-siswi sekolah, saya bukanlah guru gagal. Saya ini guru keren, percayalah.
Beberapa tokoh yang saya kagumi diantaranya adalah Nabi Muhammad saw, Galileo Galilei, Imam Syafi'i, Andrea Hirata, Anies Baswedan, B.J. Habibie, Boediono, Mahfud M.D., dan tentunya dosen pembimbing skripsi saya Pak Asep Sutiadi. Mereka adalah para penebar inspirasi yang layak dijadikan panutan dalam proses pengembangan diri untuk menjadi manusia yang merdeka dari segala bentuk penjajahan.

1 komentar: