Jumat, 11 Januari 2013

Mahasiswa, Sosok Sentral dalam Masyarakat

MAHASISWA, adalah sosok yang terpandang intelek di mata masyarakat. Kaum terpelajar dari berbagai golongan ini memang memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa atau biasa dengan sapaan “Agent of Change”. Melalui kemampuan yang dimilikinya memang seorang mahasiswa diharapkan untuk mengubah arah masa depan bangsa ini ke arah yang lebih baik. Dengan pemikirannya yang kritis, mahasiswa memang memiliki kemampuan analisis yang tinggi. Terbukti dengan gantungan harapan yang ada di pundaknya, banyak kalangan yang menggunakan jasanya baik itu dalam pendidikan (semisal jadi guru), di bidang masyarakat (pemberi pengabdian tanpa tanda jasa), maupun dalam hal teknologi dan sains (lewat penelitian inovatif yang dikembangkan.
Fase mahasiswa menjadi fase yang sangat vital karena dianggap sebagai fase kritis. Maksud fase kritis disini, segala langkah yang akan menentukan kemajuan bangsa ini ada dan berkembang di fase mahasiswa ini. Biasanya dalam fase ini mulai lahir idealisme-idealisme agung yang terkadang arah pikirannya tidak dapat ditebak orang-orang awam. Sebagai contoh, Andre Hirata, yang notabene merupakan orang kampong dari Belitong, pemimpi kelas dunia yang bermimpi kuliah di Prancis dan mengubah system perekonomian di Indonesia. Secara nalar memang sulit untuk dipercaya, tapi dengan usahanya yang gigih, beliau berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa mengejar impian-impiannya.  Dlaam fase ini juga mahasiswa sering mengalami perkembangan pola piker yang baik karena banyak cambuk yang menjadi lecutan semangat mereka untuk mempertahankan dan meraih idealismenya. Masa depan, itulah orang banyak harapkan dari mahasiswa-mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan ini.
Kurang afdol rasanya bila kuliah tidak dibarengi dengan organisasi, karena akan banyak hal yang didapatkannya dalam berorganisasi. Dinamika organisasi banyak mengajarkan kepada sosok muda ini untuk terus mengembangkan pola pikirnya agar memiliki arahan yang baik untuk merubah dirinya, menentukan masa depannya, dan masa depan bangsa ini tentunya. Namun, itu semua dikembalikan ke pribadi mahasiswa itu sendiri juga. Ada yang aktif di organisasi kampus atau luar kampus hanya untuk memampangkan mukanya saja, ada yang setengah-setengah, dan ada yang full mendedikasikan pengabdiannya untuk organisasi tersebut. “Apa yang ditanam, itulah yang akan dipanen”, kalimat itu cocok untuk untuk emnggambarkan kinerja seseorang dalam hidupnya, khususnya untuk mahasiswa dalam organisasinya. Kesungguhan, keikhlasan, dan loyalitas yang tinggi terhadap organisasi secara langsung atau tidak langsung akan terus-menerus mengembangkan kemampuan kritisnya, analisisnya, sosialnya, edukatifnya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hal itu memang seyogyanya ditanamkan dalam setiap pribadi-pribadi calon perubah peradaban ini.

Senin, 07 Januari 2013

Sekilas tentang Empat Mazhab

1. Mazhab Hanafi
Pendiri mazhab Hanafi ialah: Nu’man bin Tsabit bin Zautha. Diahirkan pada masa sahabat, yaitu pada tahun 80 H = 699 M. Beliau wafat pada tahun 150 H bertepatan dengan lahirnya Imam Syafi’i R.A. Beliau lebih dikenal dengan sebutan : Abu Hanifah An Nu’man.
Abu Hanifah adalah seorang mujtahid yang ahli ibadah. Dalam bidang fiqh beliau belajar kepada Hammad bin Abu Sulaiman pada awal abad kedua hijriah dan banyak belajar pada ulama-ulama Ttabi’in, seperti Atha bin Abi Rabah dan Nafi’ Maula Ibnu Umar.
Mazhab Hanafi adalah sebagai nisbah dari nama imamnya, Abu Hanifah. Jadi mazhab Hanafi adalah nama dari kumpulan-kumpulan pendapat-pendapat yang berasal dari Imam Abu Hanifah dan murid-muridnya serta pendapat-pendapat yang berasal dari para pengganti mereka sebagai perincian dan perluasan pemikiran yang telah digariskan oleh mereka yang kesemuanya adalah hasil dari pada cara dan metode ijtihad ulama-ulama Irak . Maka disebut juga mazhab Ahlur Ra’yi masa Tsabi’it Tabi’in.
Dasar-dasar Mazhab Hanafi
Abu Hanifah dalam menetapkan hukum fiqh terdiri dari tujuh pokok, yaitu : Al Kitab, As Sunnah, Perkataan para Sahabat, Al Qiyas, Al Istihsan, Ijma’ dan Uruf.
Murid-murid Abu Hanifah adalah sebagai berikut :a.Abu Yusuf bin Ibrahim Al Anshari b.Zufar bin Hujail bin Qais al Kufi c.Muhammad bin Hasn bin Farqad as Syaibani d.Hasan bin Ziyad Al Lu’lu Al Kufi Maulana Al Anshari .
Daerah-daerah Penganut Mazhab Hanafi
Mazhab Hanafi mulai tumbuh di Kufah ,kemudian tersebar ke negara-negara Islam bagian Timur. Dan sekarang ini mazhab Hanafi merupakan mazhab resmi di Mesir, Turki, Syiria dan Libanon. Dan mazhab ini dianut sebagian besar penduduk Afganistan, Pakistan, Turkistan, Muslimin India dan Tiongkok.

2. Mazhab Maliki
Mazhab Maliki adalah merupakan kumpulan pendapat-pendapat yang berasal dari Imam Malik dan para penerusnya di masasesudah beliau meninggal dunia. Nama lengkap dari pendiri mazhab ini ialah : Malik bin Anas bin Abu Amir. Lahir pada tahun 93 M = 712 M di Madinah. Selanjutnya dalam kalangan umat Islam beliau lebih dikenal dengan sebutan Imam Malik. Imam Malik terkenal dengan imam dalam bidang hadis Rasulullah SAW.
Imam Malik belajar pada ulama-ulama Madinah. Yang menjadi guru pertamanya ialah Abdur Rahman bin Hurmuz. Beliau juga belajar kepada Nafi’ Maula Ibnu Umar dan Ibnu Syihab Az Zuhri. Adapun yang menjadi gurunya dalam bidang fiqh ialah Rabi’ah bin Abdur Rahman. Imam Malik adalah imam negeri Hijaz, bahkan tokohnya semua bidang fiqh dan hadits.
Dasar-dasar Mazhab Maliki

Kamis, 06 Desember 2012

Terjemahan Kitab Ta'lim Muta'alim

Kitab Ta'lim Muta'alim yang dikarang oleh Syekh Az-Zarnuji, merupakan acuan dan bimbingan bagi seorang penuntut ilmu agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi dirinya pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya.
Dalam kitab ini terdapat banyak sekali petunjuk bagi orang-orang penuntut ilmu seperti halnya memilih guru dan teman yang akan dijadikan guru dan teman dalam hal diskusi dan mencari solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, cara memuliakan ilmu dan sohibul ilmi, dan hal-hal lain yang berhubungan tentang penuntut ilmu.
Silahkan download file terjemahan kitabnya disini.
Download juga file djvu reader nya disini.

Rabu, 05 Desember 2012

KISAH UWAIS AL-QORNI

UWAIS AL-QORNI
(Waliyullah yang tak terkenal di bumi tapi
terkenal di langit)
-----------------------------
Ketaatan yang mengagumkan kepada
bundanya
-----------------------------
Pada zaman Nabi Muhammad SAW, ada seorang pemuda bermata biru, rambutnya merah, pundaknya lapang panjang, berpenampilan cukup tampan, kulitnya kemerah-merahan, dagunya menempel di dada selalu melihat pada tempat sujudnya, tangan kanannya menumpang pada tangan kirinya, ahli membaca Al Qur’an dan menangis, pakaiannya hanya dua helai sudah kusut yang satu untuk penutup badan dan yang satunya untuk selendangan, tiada orang yang menghiraukan, tak dikenal oleh penduduk bumi akan tetapi sangat terkenal di langit. Dia, jika bersumpah demi Allah pasti terkabul. Pada hari kiamat nanti ketika semua ahli ibadah dipanggil disuruh masuk surga, dia justru dipanggil agar berhenti dahulu dan disuruh memberi syafa’at, ternyata Allah memberi izin dia untuk memberi syafa’at sejumlah qobilah Robi’ah dan qobilah Mudhor, semua dimasukkan surga tak ada yang ketinggalan karenanya.
Dia adalah “Uwais al-Qarni”. Ia tak dikenal banyak orang dan juga miskin, banyak orang suka menertawakan, mengolok-olok, dan menuduhnya sebagai tukang membujuk, tukang mencuri serta berbagai
macam umpatan dan penghinaan lainnya. Seorang fuqoha’ negeri Kuffah, karena ingin duduk dengannya, memberinya hadiah dua helai pakaian, tapi tak berhasil dengan baik, karena hadiah pakaian tadi diterima lalu dikembalikan lagi olehnya seraya berkata: “Aku khawatir, nanti sebagian orang menuduh aku, dari mana kamu dapatkan pakaian itu, kalau tidak dari membujuk pasti dari mencuri”. Pemuda dari Yaman ini telah lama menjadi yatim, tak punya sanak famili kecuali hanya ibunya yang telah tua renta dan lumpuh. Hanya penglihatan kabur yang masih tersisa. Untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari, Uwais bekerja sebagai penggembala kambing.

Terjemahan Kitab Al-Barzanji


Inilah terjemahan Kitab Al-Barzanji yang saya daptkan dari sumber yang saya cantumkan di akhir postingan ini. Semoga bermanfaat untuk semua kalangan, khususnya untuk penganut Ahlussunah Wal-Jamaah...
يَا رَبِّ صَلِّ عَلَي مُحَمَّدْ * يَا رَبِّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ
يَا رَبِّ بَلِّغْهُ الْوَسِيْلَةْ * يَا رَبِّ خُصَّهُ بِالْفَضِيْلَةْ
يَا رَبِّ وَارْضَ عَنِ الصَّحَابَةْ * يَا رَبِّ وَارْضَ عَنِ السُّلَالَةْ
يَا رَبِّ وَارْضَ عَنِ الْمَشَاِيخْ * يَا رَبِّ وَارْحَمْ وَالِدِيْنَا
يَا رَبِّ وَارْحَمْنَا جَمِيْعًا * يَا رَبِ ّوَاْرْحَمْ كُلَّ مُسْلِمْ
يَا رَبِّ وَاغْفِرْ لِكُلِّ مُذْنِبْ* يَارَبِّ لَا تَقْطَعْ رَجَانَا
يَا رَبِّ يَاسَامِعْ دُعَانَا * يَارَبِّ بَلِّغْنَا نَزُوْرُهْ
يَا رَبِّ تَغْشَانَا بِنُوْرِهْ * يَا رَبِّ حِفْظَانَكْ وَأَمَانَكْ
يَا رَبِّ وَاسْكِنَّا جِنَانَكْ * يَا رَبِّ أَجِرْنَا مِنْ عَذَابِكْ
يَا رَبِّ وَارْزُقْنَا الشَّهَادَةْ * يَا رَبِّ حُطْنَا بِالسَّعَادَةْ
يَا رَبِّ وَاصْلِحْ كُلَّ مُصْلِحْ * يَا رَبِّ وَاكْفِ كُلَّ مُؤْذِيْ
يَا رَبِّ نَخْتِمْ بِالْمُشَفَّعْ * يَا رَبِّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ