Minggu, 18 Januari 2015

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan



Perlu diketahui bahwa sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Sarapan memberi modal energi pada kita untuk berktivitas sepanjang hari. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Berikut ini adalahbeberapa manfaat dari sarapan bagi kesehatan.

1. Memberi Asupan Energi Awal
Sarapan yang bergizi tentunya akan memberikan energi pada tubuh kita sebagai bekal untuk menjalankan aktivitas. Tubuh sudah tentu memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut tentunya diperoleh dari sarapan. Selain itu, sarapan juga membuat tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah.
2. Menambah Esensial Nutrisi dan Tingkat Keseluruhan Energi
Sarapan menyediakan proporsi signifikan asupan total nutrisi untuk sepanjang hari dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin, dan serat. Esensial vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya hanya dapat diperoleh dari makanan.
3. Meningkatkan Konsentrasi dan Membantu Menyegarkan Otak
Sarapan memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga kita tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak kita untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan. Selain itu, otak juga mendapat nutrisi dari sarapan sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat.
4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa seseorang yang bekerja tidak melakukan sarapan terlebih dahulu akan lebih cenderung mengalami stres dan gampang sakit. Tubuh setiap orang memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Dengan energi yang diperoleh dari sarapan, tubuh kita akan memiliki daya tahan lebih bagus.
5. Menyehatkan Tubuh
Sarapan membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolism sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. Selain itu, sarapan secara rutin juga bias mengecilkan lingkar pinggang hingga 5cm.
6. Membantu Perkembangan Anak
Untuk anak-anak sekolah, sarapan akan membantu meningkatkan konsentrasi belajar, kemampuan berpikir, dan daya ingat. Hal ini karena tubuh anak mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas belajar di sekolah dan perkembangannya akan berjalan dengan baik.
7. Mencegah Timbulnya Penyakit Lambung (Maag)
Sarapan membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Jika lambung terlalu lama kosong, maka dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan mengakibatkan sakit maag.
8. Memberi Kekuatan Metabolisme Setelah Sepanjang Malam
Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula dalam tubuh. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang dimakan. Di pagi hari, setelah kita tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh turun ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.
9. Menurunkan Resiko Diabetes
Banyak penelitian yang menemukan bahwa hasil terbaik dari sarapan yang rutin adalah rendah gula dan tinggi nutrisi. Sarapan mengembalikan kadar gula darah pada batas normal setelah hampir 12 jam kondisi tubuh kosong.
10. Menghindari Makan Tak Terkontrol
Sarapan dengan baik akan menjaga kita dari rasa lapar berlebih. Hal inidapat mencegah kita makan berlebihan di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat kita meninggalkan sarapan, kita akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Hal ini akan mendorong kita mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Apapun yang Anda pilih untuk menu sarapan, beri tubuh dan otak Anda energi yang dibutuhkan untuk dibawa sepanjang hari. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi makanan yang berlebihan saat sarapan karena hal tersebut tidak baik pula untuk tubuh anda.

SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar