Berikut ini akan saya paparkan kultwit yang
diberikan oleh Gerakan TurunTangan
Bandung (@turuntanganbdg)
tentang “Kampanye Sehat”. Simak baik-baik ya kawan.
- Konsep kampanye sehat dirumuskan utk mjd
dasar dr model berpikir
@turuntangan Bdg dlm myikapi proses berpolitik d Indonesia saat ini#KS - Harapannya konsep Kampanye Sehat ini dpt
trs dkembangkan, dperluas, dprdalam tdk hny olh
@turuntangan bdg, tp jg slrh pihak yg peduli#KS - Konsep ini dbagi mjd 4 bagian: Prmasalahan
model kmpanye di Ind, Dmpak2 yg dhasilkn, Kndisi Ideal yg ingin dcapai, Solusi
yg dtawarkn
#KS - Kita akan membahas bagian pertama:
Permasalahan model kampanye di Indonesia
#KS - Dalam perjalanan perpolitikan di
Indonesia, kita melihat suatu euforia dari WNI dlm menikmati demokrasi pasca
reformasi 1998.
#KS - Smenjak reformasi, pntu bagi warga biasa
msk terlibat dlm institusi pmerintahan terbuka lebar
#KS - Sebetulnya keadaan ini bukanlah hal yang
buruk, asalkan dilakukan dengan cara-cara yang pantas, santun dan beretika.
#KS - Ironisnya, ada saja oknum2 yg
'menghalalkan segala cara' demi tercapainya tujuan mereka masuk ke pemerintahan
#KS - Demi mendapatkan posisi di pemerintahan
mrka mnggunakan berbagai cara yg tidak baik
#KS - Politik uang, kampanye gelap, pemasangan
media kampanye yg membabi buta, atau mmbrikan harapan palsu yg tdk dapat mereka
tepati
#KS - Pd knyataannya, taktik2 spt itu memang
masih banyak terjadi di Indonesia, dan dirasa olh mereka sbg cara paling
efektif utk menang
#KS - Kondisinya, msh bnyk masyarakat yg blm
paham dan blm ckp cerdas utk menyikapi perannya dlm alam demokrasi di Indonesia
#KS - Msh ada rakyat yg mdh tergiur dg iming2
uang, kampanye gelap berisi fitnah2 dg data tak jelas lbh mudah 'dimakan' oleh
masyarakat
#KS - Masih ada para politisi yg berkampanye
tdk memiliki gagasan/ide matang utk mereka implementasikan ktka menjabat nnti
#KS - Pada akhirnya yg teradi adl kluarnya
janji2 muluk utk mndpt simpati rakyat, wlw sbtlnya mrka sndr tdk yakin dpt
menepatinya
#KS - Kami menamai fenomena ini sbg 'Kampanye
Tidak Sehat' yg didlmnya terkandung 4 bagian besar.
#KS - 4 Bagian tsb adl: Money politic,
Unproportional Campaign, Black Campaign, dan Naive Campaign.
#KS - Money politic: penggunaan uang/mmberikan
barang secara langsung utk menarik simpati masyarakat dalam menentukan pilihan
pada pemilu
#KS - Unproportional Campaign kami definisikan
sebagai usaha kampanye yang berlebihan dan membabi buta sehingga tidak
proporsional
#KS - Black Campaign: pnyebaran
berita/informasi yg mnyesatkan mengenai seorg kandidat/ partai yg tdk memiliki
sumber pmberitaan yg jelas
#KS - naïve campaign: kmpanye dg cara mmberikan
ide/ggasan yg tdk mmiliki dasar kajian yg cukup shg sulit/tdk mgkn dpt
dterapkan dlm proker
#KS - Kita dpt melihat fenomena2 tsb dr 2 sudur
pandang: sudut pandang para calon brsama timsesnya dan sudut pandang masyarakat
#KS - Jk melihat dari sudut pandang
calon/timses, bs jd mereka memandang cara2 seperti itu lebih efektif dalam
menggaet suara agar menang
#KS - Sementara itu dr sudut pandang
masyarakat, bs jd masyarakat mmg lbh senang utk mendengarkan berita2 negatif
#KS - Masyarakat jg bs jd lbh tertarik utk
mmbicarakan personalitas dari kandidat dibanding ide/gagasan yang ditawarkan
kandidat.
#KS - Budaya melakukan check&recheck thd
berita jg msh rendah, shg masyarakat mudah menerima suatu berita yg tergolong
black campaign
#KS - Bnyk yg tdk sdar bhw model2 kmpanye tsb
mmiliki efek laten yg sgt buruk tdk hnya pd ms kampanye, nmn jg ktk roda
pmerintahan brgulir
#KS - Peran rakyat dkerdilkan hny sbg
penyumbang suara dlm pemilu, bkn sbg pemegang kedaulatan negara spt yg
dikehendaki sistem demokrasi
#KS - Kita masuk ke bagian kedua, yaitu
dampak-dampak yang dihasilkan dari kampanye yang tidak sehat
#KS - Kami mengidentifikasi bbrp dampak sosial
yg dapat dimunculkan oleh fenomena kampanye tidak sehat ini
#KS - Kampanye tidak sehat dpt menimbulkan rasa
saling curiga. Black campaign akn mengadu domba klmpok2 yg sdg bersaing maupun
simpatisan
#KS - Hal ini dikarenakan materi black campaign
yang digunakan kebanyakan menggunakan unsur-unsur yang sentimentil, seperti
SARA.
#KS - Kampanye tidak sehat jg dpt memicu
konflik sosial.
#KS - Perasaan slg curiga apbl klmpk2 tsb tdk
dpt mengendalikan emosinya/tdk ada yg menengahi mk akan trjd konflik horizontal
antr klmpk
#KS - Ketiga, kampanye tidak sehat dpt
menumbulkan kejenuhan publik krn trlalu srg beredar dan terulang smnjk pemilu
di era reformasi
#KS - Keempat, kampanye tdk sehat mmunculkan
apatisme politik. Hal ini krn adanya rasa jenuh msyrkt shg tdk peduli lagi dg
kampanye yg ada
#KS - Apabila masyarakat apatis terhadap
politik, maka fungsi kontrol sosial itu akan hilang.
#KS - Terakhir, kampanye tidak sehat dpt
membuahkan pesimisme.
#KS - Klmpk2 slg menjatuhkan dan tumbuh aura
pesimisme bhw siapapun yg trpilih akn mmbawa keburukan yg melekat pd saat
kampanye
#KS - Selanjutnya, kita akan membahas mengenai
kondisi ideal yang ingin kita capai dalam Kampanye Sehat
#KS - Kami brharap kampanye politik dr seorang
kandidat berlangsung dalam atmosfer yang positif dan dilakukan dengan santu beretika.
#KS - Kami menyebut situasi ini sebagai
“Kampanye Sehat”.
#KS - Kampanye Sehat yg dmaksud adlh kampanye
yg brimbang, meminimalisir dmpak buruk namun ttp efektif dlm mmenangkan
kandidat d pemilu.
#KS - Kampanye yg berimbang/fair campaign
maksudnya adl ampanye yg proporsional dalam kuantitas pemberitaan dan
pemasangan media kampanye
#KS - Serta berimbang dalam penyampaian
positive campaign dan negative campaign.
#KS - Negative campaign berisi mengenai data
dan fakta yg jelas sumbernya mengenai keburukan atau rekam jejak buruk dari
seorang kandidat
#KS - Pemberitaan berimbang antr positive
campaign&negative campaign tentu mmberikan gambaran yg utuh bg masyarakat
dlm mnentukan pilihan
#KS - Kami meyakini bhw Kampanye Sehat ini ttp
efektif mnarik smpati rakyat meraih suara wlpun tdk mnggunakan money
politic&black campaign
#KS - agar Kampanye Sehat ini menjadi efektif,
diperlukan suatu perubahan mindset dari masyarakat itu sendiri dalam menyikapi
kampanye
#KS - Msyrkt prlu mnyadari bhw masa kmpanye ini
sbg ajang utk mncari tahu kandidat yg memipinnya nnti, bkn ajang mncri uang
atau keributan
#KS - Kampanye bkn ajang menebar janji muluk dg
cara instan meraih suara. tp ajang adu gagasan yg plg tepat membangun negeri
#KS - Berikutnya kita akan share mengenai
solusi yang ditawarkan dalam kampanye sehat. Penasaran?? Nantikan ya... eng ing
eng..
#KS :) - Baiklah, kita lanjutkan lagi ya
pembahasan kita soal solusi yg ditawarkan dlm Kampanye Sehat :)
#KS - Perlu dilakukan pencerdasan bagi sluruh
pihak yg terkait mengenai manfaat Kampanye Sehat bagi bangsa ini
#KS - Selain itu perlu jg dilakukan penyadaran
mngenai dampak yg akan terjadi apabila cara2 kampanye tidak sehat terus menerus
dilakukan
#KS - Dalam proses penyadaran dan pencerdasan
ini, ada 4 pihak yg harus dijadikan sasaran
#KS - Sasaran pertama adl tim sukses kandidat.
Timses memiliki peranan penting krn mrpkn pihak yg mnyusun rencana&strategi
pemenangan
#KS - Timses harus menyadari mengenai
dampak-dampak negatif yang muncul dari penggunaan cara-cara kampanye yang tidak
sehat.
#KS - mereka jg hrs idyakinkan bhw Kampanye
Sehat ttp efektif dlm menggaet suara pemilih, dg syarat msyrkt pemilihsudah
tercerdaskan
#KS - agar masyarakat tercerdaskan perlu kerja
bersama dari berbagai pihak, salah satunya adalah tim sukses dari masing-masing
kandidat
#KS - Sasaran kedua adl simpatisan yg mrupakan
bag dr masyarakat yg sdh mnyatakan dkungannya kpd slh satu kandidat
#KS - Simpatisan tdk terlibat dlm penyusunan
rencana strategi kampanye tim sukses, namun ttp memiliki peran besar dalam
proses kampanye.
#KS - Simpatisan ini yang akan menyebarkan
media-media dan berita-berita kampanye
#KS - Simpatisan iperlu dicerdaskan ttg cara
membedakan berita2 yg tergolong black campaign agar tidak ikut serta dalam
menyebarkannya
#KS - Mereka pun perlu disadarkan mengenai
bahaya yang dapat muncul apabila black campaign ini terus menerus disebarkan.
#KS - Sasaran ketiga adl media massa, yg
memiliki peran sangat masif pd zaman ini
#KS - Media memiliki kapasitas dan kekuatan utk
mnyebarkan berita utk mngarahkan opini masyarakat ssuai dg berita yg
dikeluarkan
#KS - Media hrs mnyadari kkuatanny dg
menggunakannya scr bijaksana, dg ttp netral dan mngeluarkan berita yg berimbang
dr sumber jelas
#KS - Sasaran terakhir adl masyarakat umum yg
mnjdai komponen trakhir menentukan keberhasilan kampanye sehat yg ingin dicapai
#KS - Masyarakat adalah pihak yang pasif, dalam
artian ia akan bereaksi terhadap pihak-pihak lain yang bertindak kepadanya
#KS - Karena itu, masyarakat perlu dicerdaskan
agar tidak menjadi bulan-bulanan pihak lain atau menjadi korban adu domba
#KS - Masyarakat perlu mengetahui perbedaan
dari negative campaign dengan black campaign, serta perbedaan tujuan dari
keduanya.
#KS - Dari pencerdasan itu, masyarakat tidak
akan termakan oleh sentimen-sentimen emosional yang biasanya dimunculkan dalam
black campaign
#KS - masyarakat juga perlu diubah mindset-nya
mengenai kampanye.
#KS - Msyrkt hrs mmbiaskaan utk membicarakan
kandidat tdk hnya prsonalitasnya tp jg gagasanny, shg mmunculkn logika, bkn
emosional semata
#KS - Demikianlah pemaparan kami seputar konsep
dari Kampanye Sehat ini. Semoga bermanfaat :)
#KS
Artikel ini bs menjadi referensi
bagaimana cara membaca berita di media membedakan fakta & opini :) http://blog.turuntangan.org/berita-ini-bener-nggak-sih/
Aksi nyata yang dilakukan #TurunTangan
BANDUNG tentang #KampanyeSehat ini akan
dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 21 Juni 2014, pukul 12.00-17.00 bertempat
di Auditorium Rosada, Balkot (FREE). Langkah konkret yang dilakukan oleh
Gerakan Turun Tangan Bandung ini dapat diibaratkan kita menyalakan lilin dalam
pekatnya kegelapan. Nyala lilin memang tidak segemerlap sinar matahari, namun
hal ini dapat menjadi sebuah penerangan. Jika yang menyalakan lilin ini lebih
banyak, maka kita tentu akan mampu melihat lebih terang di sekitar kita.
Sebagai
seorang mahasiswa, (walaupun sudah “injury time”, hehehe :D) saya ingin
memberikan kontribusi positif untuk bangsa ini, walaupun melalui hal yang
sangat sederhana. Rusaknya negeri ini bukan karena banyaknya “orang jahat” yang
menguasai dunia politik, tapi karena lebih banyaknya “orang baik” yang
mendiamkan kondisi ini, seperti yang sering didengungkan Mas Anies Baswedan. Maka
dari itu, saya mengajak kepada kawan-kawan untuk sama-sama #TurunTangan,
ikut andil dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di republik
tercinta ini.
MARI #TurunTangan untuk #MelunasiJanjiKemerdekaan
dengan selalu mengedepankan prinsip #MemilihOptimis.
LO UDAH NGAPAIN BUAT INDONESIA?
#MahasiswaTurunTangan #BloggerTurunTangan
#GuruMudaTurunTangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar