Kamis, 11 April 2013

Manfaat Jalan Kaki


Jalan kaki merupakan hal yang sangat penting dilakukan secara rutin setiap hari karena hal tersebut bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun pada kenyataannya jalan kaki sering dianggap sepele dalam kategori jenis olahraga padahal sudah terbukti bahwa jalan kaki yang dilakukan secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan mulai dari migren, berat badan, masalah pernapasan, jantung, dan lain sebagainya. Jalan kaki santai sekitar 2-3 km/hari mampu mengatasi berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat dari jalan kaki:

  1. Menghindari diabetes tipe 2. Program pencegahan diabetes memperlihatkan bahwa jalan kaki 150 menit setiap minggu akan mengurangi 7% berat badan dan dapat menurunkan penyakit diabetes hingga 58%. Kadar gula atau glukosa didalam tubuh akan bekerja di setiap jaringan sel dalam tubuh sehingga kadar gula tersebut tidak terkonsentrasi/menumpuk di dalam darah
  2. Memperkuat jantung. Walaupun kematian telah ditentukan oleh Tuhan, tapi tidak ada salahnya jika manusia berusaha. Beberapa penelitian membuktikan bahwa lelaki yang sering jalan kaki memiliki usia lebih panjang dibanding lelaki yang tidak sering jalan kaki. Studi yang dilakukan pada 72.488 wanita pun memperlihatkan, jalan kaki 3 jam setiap minggu akan mengurangi resiko terkena serangan jantung.
  3. Meningkatkan fungsi kerja otak. Dalam studi tentang jalan kaki ditemukan bahwa wanita yang berjalan 1,5 jam setiap minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik daripada mereka yang hanya berjalan 40 menit setiap minggu.
  4. Menguatkan tulang. Riset memperlihatkan bahwa wanita menopause yang berjalan kurang lebih 1 mil setiap hari memiliki kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang  sedikit berjalan kaki dan jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.
  5. Mengurangi gejala depresi. Jalan kaki selama 30 menit, 3-5 kali setiap minggu selama 12 minggu dapat mengurangi gejala depresi pada manusia.
  6. Mengurangi resiko kanker payudara dan kolon. Wanita yang berjalan secara rutin 65 s.d. 135 menit setiap minggu bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kolon hingga 18% dibandingkan wanita yang tidak aktif. Studi memperlihatkan bahwa jalan kaki dapat mencegah kanker kolon. Untuk orang yang telah terkena kedua kanker, jalan kaki mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi angka kematian.
  7. Meningkatkan kebugaran. Jalan kaki 3 kali seminggu minggu selama 30 menit dapat meningkatkan kebugaran dan sistem pernapasan secara signifikan serta dapat membuat penampilan terlihat lebih muda dan segar.
  8. Meningkatkan fungsi fisik. Penelitian membuktikan bahwa jalan kaki dapat meningkatkan kebugaran dan fungsi kerja tubuh serta melindungi tubuh dari penyakit degeneratif pada orang lanjut usia.
  9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga meminimalis kemungkinan terserang penyakit.
  10. Menurunkan berat badan yang tidak ideal. Dengan berjalan kaki, lemak-lemak yang ada dalam tubuh akan terbakar sehingga perut dapat terhindar dari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar