Senin, 13 Mei 2013

Go Green Untuk Kehidupan yang Lebih Baik


  
“Go Green” saat ini identik dengan gerakan atau ajakan untuk meningkatkan kesadaran banyak orang tentang pentingnya menghargai dan memelihara alam tempat kita hidup.

"Green" dalam kalimat “Go Green” dapat diartikan sebagai berikut:
[G] Generate compost, yaitu pembentukan kompos atau proses alami pendaur-ulangan limbah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini ditujukan sebagai salah satu bentuk pengurangan limbah.

[R] Recycle everything, yaitu mendaur ulang segala sesuatu yang tidak bisa digunakan kembali dan membeli barang keperluan yang bisa didaur ulang seperti kertas, plastik, aluminium, kartu tinta printer, dll. Hal ini ditujukan dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca yang beracun dan sebagai langkah penghematan energi.

[E] Educate students, teachers and parents, yaitu “mengedukasi” pelajar, guru, dan orang tua untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup melalui tindakannya. Hal ini ditujukan untuk membiasakan pelajar, guru dan orang tua agar dapat bekerja sama dalam menjadikan situasi yang ramah lingkungan. Dengan seperti itu, hal ini diharapkan dapat menjadi kebiasaan yang baik bagi masyarakat.

[E] Evaluate the environmental impact of every activity, yaitu melakukan evaluasi pada dampak yang akan ditimbulkan setiap aktifitas yang dilakukan terhadap lingkungan. Perwujudannya dapat berupa mengidentifikasi produk-produk dan perilaku yang dapat membahayakan kesehatan anak dan lingkungan sekitar.
 
[N] Nationalize the principles of responsible paper consumption, yaitu mensosialisasikan secara nasional penggunaan kertas dengan cara yang bertanggung jawab. Perlu diketahui bahwa 1 ton kertas memerlukan penebangan 17 buah pohon besar. Artinya penghematan kertas harus dilakukan sebaik mungkin. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan media teknologi seperti internet seoptimal mungkin untuk meminimalisir penggunaan kertas yang berlebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar