Jumat, 24 Mei 2013

Tips Sehat Selama Bekerja di Depan Komputer


Dewasa ini hampir semua aktifitas dilakukan di depan computer, apalagi mahasiswa dengan tugas-tugasnya yang menumpuk. Komputer memang dapat membuat kita bekerja lebih produktif, namun dapat menyebabkan terjadinya computer vision syndrome (CVS). Sindrom ini bisa menyebabkan mata lelah dan tegang karena seharian stand by di depan layar komputer.
Seperti yang diberitakan "time.com" (Jumat 14 September 2012), kondisi ini kemungkinan besar tidak menyebabkan kerusakan mata permanen, tetapi, dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna komputer. Gejala yang paling umum dari CVS termasuk ketegangan mata, kemerahan, iritasi atau kekeringan, perasaan terbakar di mata, penglihatan kabur atau penglihatan gsobat hingga sakit kepala dan leher serta bahu terasa nyeri.
Berikut ini akan saya paparkan beberapa hal yang dapat membantu mengatasi aatau meminimalisir hal-hal tersebut.

1. Jangan terlalu lama berada di depan layar monitor
Luangkanlah waktu 10-15 menit setiap 2-3 jam untuk tidak terus-menerus berada di depan layar monitor. Basuhlah wajah dengan air agar wajah tidak panas akibat sinar radiasi dan Ultraviolet yang ditimbulkan oleh layar monitor komputer. Kemudian lakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan kecil di sekitar ruangan.

2. Jaga jarak pandang monitor (50-100cm) dan gunakan meja/kursi yang nyaman
Terlalu dekat dengan komputer akan membahayakan mata. Jika terlalu sering, maka bukan tidak mungkin kita dapat terkena rabun jauh (mata minus). Jangan lupa untuk menggunakan meja dan kursi yang membuat posisi duduk nyaman agar tidak cepat lelah.


3. Jangan memakai kacamata minus
Sebaiknya jangan menggunakan kacamata minus bagi penderita rabun jauh, karena lensa cembung sesuai fungsinya dapat menyebabkan mata semakin minus. Radiasi yang ditimbulkan dari layar difokuskan oleh lensa cembung sehingga dapat membuat retina mata bergeser sehingga minus dalam mata bisa bertambah.

4. Gunakan LCD/LED monitor dan setting sesuai kenyamanan mata
Sebaiknya menggunakan LCD atau LED monitor dan aturlah pencahayaan monitor agar lebih nyaman di mata. Jangan mengatur kecerahan monitor terlalu terang karena dapat mempercepat kelelahan pada mata.

5. Periksa mata teratur, jika perlu pakailah kacamata anti radiasi
Periksalah mata jika penglihatan sudah mulai kabur dan tanyakan kepada Dokter apakah perlu memakai kacamata anti radiasi atau tidak. Kacamata anti radiasi dapat digunakan untuk mengurangi cahaya berlebih dari layar monitor ke mata.

6. Perhatikan sirkulasi udara dan gunakan cahaya ruangan yang cukup
Udara yang terlalu panas dapat membuat mata cepat kering, Oleh karena itu, aturlah siklus udara yang sesuai dan sesuaikan cahaya yang masuk agar cukup pada ruangan tempat menggunakan komputer.

7. Makan, minum, dan konsumsi tambahan vitamin secara teratur
Usahakanlah agar selalu makan teratur pada jam istirahat. Lebih baik lagi mengonsumsi vitamin A agar menambah asupan gizi untuk mata dan Vitamin B untuk menambah daya tahan tubuh.

8. Tidur 6-8 jam sehari dan istirahatkan mata minimal 5 menit setiap jam
Untuk menjaga kesehatan mata, istirahatlah sekitar 6-8 jam. Saat sedang bekerja pun jangan lupa untuk mengistirahatkan mata minimal 5 menit setiap jam.

9. Sediakan waktu olahraga secara teratur
Usahakanlah berolahraga secara teratur agar kondisi badan tetap fit dan bugar karena seringnya bekerja di sepan computer.

10. Sediakan waktu untuk beribadah dan bersosialisasi dengan orang lain
Sediakanlah waktu untuk beribadah dan bersosialisasi dengan orang lain untuk sekedar refreshing atau sekedar melepas penat selama stand by di depan komputer.

SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar