Selasa, 02 April 2013

Setiap Diri Kalian adalah Pemimpin!


كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَتِهِ
“Semua dari kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya”. Kata "RAAIN" biasanya dipergunakan oleh bangsa Arab untuk menunjuk ke seorang pengembala. Sedangkan yang digembala disebut "RAKYAT". Semua para Nabi selalu punya sejarah sebagai seorang pengembala, seperti Nabi Musa yang pernah diuji oleh Nabi Syu'aib sebagai syarat untuk menjadi menantunya.


Ada beberapa hal yang harus diperhati oleh seorang pengembala (Pemimpin):
  1. Seorang pengembala harus menjadi pelindung bagi gembalaannya. Dia harus membuat apa yang digembalanya tenang dalam menghadapi hidupnya. Begitu juga dalam arti yang luas, seorang pemimpin keluarga sampai pemimpin pemerintah harus mempunyai sifat yang satu ini. Dia harus protect terhadap hal yang membahayakan bagi rakyanya.
  2. Seorang pengembala harus memberi makan gembalaannya makanan yang baik. Seorang pemimpin rumah tangga harus mencari nafkah yang halal thayyiban mubarakan. Ingat! Pemimpin yang harus memberi makan rakyatnya. Jangan sampai sebaliknya, pengembala makan makanan hewat ternaknya.
  3. Seorang pengembala harus menjaga gembalaannya agar tidak merusak tanaman orang lain. Pemimpin keluarga harus menjaga akhlak istri dan anaknya. Jangan cuek terhadap hal-hal yang menyimpang dari syari'ah
  4. Bila Seorang pengembala lagi merasa bergembira, dia tidak boleh membuat gaduh. Bila pengembala ingin santai biasanya hanya meniup seruling yang membuat hewan ternak lebih tenang, bukan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar