Senin, 13 Mei 2013

Spektrum Emisi dan Spektrum Absorpsi Atom


Spektrum merupakan bukti adanya tingkat-tingkat energy dalam suatu atom. Spectrum dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu spektrum emisi dan spektrum absorpsi yang dapat diamati menggunakan spektroskop.
Spektrum emisi dihasilkan oleh suatu zat yang memancarkan gelombang elektromagnetik dan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu spectrum garis, spectrum pita, dan spectrum kontinu. Spectrum garis dihasilkan oleh gas-gas bertekanan rendah yang dipanaskan. Spectrum ini terdiri dari garis-garis cahaya monokromatis dengan panjang gelombang tertentu yang merupakan karakteristik dari unsur yang menghasilkan spectrum tersebut. Spectrum pita dihasilkan oleh gas-gas dalam keadaan molekuler, misalnya gas H2, N2, O2, dan CO. spectrum yang dihasilkan berupa kelompok-kelompok garis yang sangat rapat sehingga membentuk pita-pita. Spectrum kontinu adalah spectrum yang terdiri atas cahaya dengan semua panjang gelombang, walaupun dengan intensitas yang berbeda. Spectrum ini dihasilkan oleh zat padat, zat cair, dan gas yang berpijar.
Gambar … spectrum garis emisi atom hydrogen, helium, neon, sodium, dan raksa
 
Spektrum absorpsi adalah spektrum yang terjadi karena penyerapan panjang gelombang tertentu oleh suatu zat terhadap radiasi gelombang elektromagnetik yang memiliki spectrum kontinu. Spectrum ini terdiri dari sederetan garis-garis hitam pada spectrum kontinu. Contoh spectrum absorpsi adalah spectrum matahari. Secara sepintas spectrum matahari terlihat seperti spectrum kontinu. Akan tetapi, jika dicermati akan tampak garis-garis terang-gelap yang disebut garis-garis franhoufer. Adanya garis-garis franhoufer disebabkan cahaya putih dari bagian inti matahari diserap oleh atom-atom atau molekul-molekul gas dalam atmosfer matahari maupun atmosfer bumi.
Gambar … Spektrum absorpsi dan emisi dari atom hidrogen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar